Senin, 21 Maret 2011

Tak terlupakan




Kali ini aku mau bercerita tentang temenku...aku kenal dia sejak April 2007 lalu..dan jujur aku salut dengan pribadinya...Awal kukenal memang aku cuma tau sekilas dan sebatas pekerjaan saja, karena mungkin memang waktu yang belum membuat kami menjadi seorang sahabat...


Aku lupa kapan pastinya, dia bercerita tentang keluarganya, tentang orang tua kandungnya dan semua saudara-saudara kandungnya. Dulu aku berpikir, ibu yang sering kulihat di rumahnya adalah ibu kandungnya..tapi memang aku tidak pernah mendengar dia bercerita tentang ayahnya..dan jujur aku memang tidak pernah berniat untuk menanyakannya lebih lanjut karena takut melukainya.

Sampai suatu saat dia bercerita kalau ibu yang sering kulihat itu adalah ibu angkatnya..dan ternyata dia pun tau keberadaan orang tua kandungnya dimana.Karena masalah ekonomi, orangtuanya harus rela memberikan anaknya untuk diasuh orang lain..demi masa depan anaknya yang lebih baik..

Temanku ini 14 bersaudara..dan lebih tragisnya keberadaan saudara-saudaranya semua terpencar..waktu ke bangka lalu, aku dan teman-temanku sempat berkunjung ke rumah orangtuanya..Mereka tinggal di tanjung ular..kehidupan masyarakat disana memang masih sangat sederhana..mereka hidup dari bercocok tanam saja..mulai dari kelapa, buah-buahan, teh rosella, lada..

oh yach, disana juga belum terjamah dengan PLN loch..jadi listrik diperoleh dengan menggunakan diesel...rumah mereka pun masih dari papan..baru tahun lalu, mereka dapet rejeki untuk merenovasi rumah mereka menjadi lebih layak...tapi itu pun baru mereka renovasi sebagian..


Tapi satu yang kupelajari, mereka tidak pernah menyerah pada keadaan, karena memang biaya hidup disana juga mahal...Siang hari, orang tua temanku membuat tekwan untuk dijual keliling dengan harga 5ribu rupiah perbungkusnya...Dan waktu disana, kami sempat loch nyobain tekwan buatannya...eehhhmm nyammy banget terlebih ditunjang dengan sambalnya yang pedes....


Di hari terakhir, kami sengaja pergi bersama-sama mereka ke pantai tanjung ular...mungkin hal yang kecil yang dapat kami lakukan...tapi jujur saat itu aku melihat kegembiraan yang luar biasa di mata kedua orang tua ini...


Memang kasih orang tua melebihi segalanya...kalaupun ada sesuatu hal yang harus mereka lakukan buat kita, tapi pasti itu mereka lakukan demi kebaikan kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar